PAPER
PENERAPAN
TEKNOLOGI MAGLEV (Magnetic Levitation) PADA
TRANSPORTASI UMUM BUS
TRANSPORTASI UMUM BUS
Ayu Ainun
A’ziziyyah
Program Studi Teknologi Informasi
Fakultas Teknologi Informasi dan Industri Institut
Teknologi Telkom Surabaya
Jl. Gayungan PTT 17-19 Surabaya Telp. 081139808009
ABSTRACT
This paper was made against the background by the rampant traffic accidents caused by public transportation, both limited and economic. Bus public transportation is a transportation that is widely used by the community, but in terms of safety and comfort, passengers in this transportation do not guarantee. Lots of traffic accidents caused by buses, either because of a sleepy driver or a reckless driver. It is often found that bus drivers break through the road boundary between the left and right lanes simply because they are forced to break through the density of the road or break through traffic signs. This causes inconvenience to passengers and other road users. In the previous research, there was a new output from the world of railways, namely the Maglev train (magnetic levitation) and the results were very efficient for the world of railways because the speed was increasing faster.
To reduce traffic accidents, especially those caused by public bus transportation, this paper takes the title "Implementation of Maglev Technology (Magnetic Levitation) in Bus Public Transportation". With the application of maglev technology on bus public transportation, the buses will be given special lanes such as the busway lane, but this lane is equipped with magnets that will be connected by the bus and more efficient because the lane cannot be penetrated by other road users such as the busway lane . The speed of the bus will also increase faster because of the reduction in friction between the wheel and the asphalt highway and requires a fairly short time to travel in each destination.
Keywords: traffic accidents, public bus transportation, magnetic levitation technology
Keywords: traffic accidents, public bus transportation, magnetic levitation technology
ABSTRAK
Paper ini dibuat dilatar belakangi oleh maraknya
kecelakan lalu lintas yang disebabkan oleh transportasi umum bus baik yang
patas maupun yang ekonomi. Transportasi umum bus menjadi transportasi yang
ramai digunakan masyakarat, namun dalam segi keamanan dan kenyamanan penumpang
dalam transportasi ini belum menjamin. Banyak sekali kecelakaan lalu lintas
yang disebabkan oleh bus, entah karena sopir mengantuk atau sopir yang
ugal-ugalan. Sering didapati sopir bus menerobos batas jalan antara lajur kiri
dan kanan hanya karena untuk memaksa menerobos kepadatan jalan atau menerobos
rambu lalu lintas. Hal tersebut menyebabkan ketidaknyamanan penumpang dan
pengguna jalan lainnya. Pada penelitian sebelumnya terdapat keluaran baru dari
dunia perkeretaapian yaitu kereta api maglev (magnetic levitation) dan hasilnya sangat efisien untuk dunia
perkeretaapian karena kecepatan nya pun bertambah semakin cepat.
Untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas terutama yang
disebabkan oleh transportasi umum bus, maka paper ini mengangkat judul “Penerapan
Teknologi Maglev (Magnetic Levitation)
Pada Transportasi Umum Bus”. Dengan penerapan teknologi maglev pada
transportasi umum bus, maka bus akan diberikan jalur khusus seperti jalur
busway, namun jalur ini dilengkapi dengan magnet yang akan terhubung oleh bus
tersebut dan lebih efisien karena jalur tersebut tidak akan bisa diterobos oleh
pengguna jalan lain seperti pada kasus jalur busway. Laju kecepatan bus juga
akan semakin bertambah cepat karena pengurangan gaya gesek antara roda dengan
aspal jalan raya dan membutuhkan waktu yang cukup singkat dalam menempuh
perjalanan di setiap tujuan.
Kata kunci : kecelakaan
lalu lintas, transportasi umum bus, teknologi magnetic levitation
TABEL
KELEMAHAN DAN KELEBIHAN TIAP PAPER YANG DIJADIKAN REFERENSI
No
|
Judul Paper
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
1.
|
Superconducting
YBCO Magnetic Levitation Train
|
Menjelaskan
struktur dari superkonduktor yang digunakan dalam kereta maglev yang akan
sangat membantu dalam pengerjaan paper saya nanti
|
Kurang
menjelaskan bagaimana kelebihan dan kekurangan kereta tersebut ketika
menggunakan magnetic levitation
|
2.
|
Bus and driver
scheduling with mealtime windows for a single public bus route
|
Menjelaskan
permasalahan untuk penjadwalan sopir bus dengan istirahat makan agar driver
bisa fokus dalam berkendara
|
Dalam
penjadwalan ini mengharuskan driver berganti-ganti atau shif, berarti harus
mempunyai stok driver yang handal yang cukup banyak dan akan menambah biaya
untuk gaji mereka
|
3.
|
CB-Planner : A
bus line planning framework for customized bus systems
|
Menjelaskan tentang
usulan penulis dalam rencana untuk pelaksanaan bus khusus yang lebih
memudahkan penumpang yang bisa menjadi referensi paper saya nanti
|
Tidak
dijelaskan secara rinci hasil survey tentang pendapat masyarakat mengenai
keinginan penulis paper dalam pelaksaan bus khusus
|
4.
|
Bus drivers
who leave; were they more crash-involved?
|
Menganalisis
tentang maraknya kejadian kecelakaan dalam angkutan umum bus yang membantu
saya untuk mencari solusi agar kejadian tersebut bisa di minimalisir
|
Kurang ada
penjelasan pokok yang menjurus langsung tentang kecelakaan tersebut, hanya
dianalisis lewat pergantian sopirnya bukan skill dari masing-masing sopir
|
5.
|
Bus Operation,
Quality Service and TheRole of Bus Provider and Driver
|
Menguraikan peran penyedia bus dan sopir bus
untuk memberikan kualitas layanan terbaik seperti yang diharapkan oleh
penumpang guna memperbaiki kualitas layanan
|
Tujuan utama
dalam paper ini untuk memperbaiki kualitas layanan namun dalam paper ini
tidak dijelaskan secara rinci mengenai apa saja yang harus diperbaiki
|
6.
|
KAJIAN KINERJA
PELAYANAN BUS AKDP PATAS DAN EKONOMI PADA TRAYEK SURABAYA - MALANG
|
Menjelaskan
mengenai pelayanan bus AKDP (Angkutan
Kota Dalam Propinsi) pada trayek Surabaya – Malang yang akan bermanfaat untuk
mengetahui kualitas pelayanan bus dan evaluasi kinerja
|
Pada paper ini
merujuk pada apa yang perlu ditingkatkan guna menarik masyarakat untuk
menggunakan bus, namun hal tersebut yang akan diperbaiki hanya fasilitas dan
kecepatan bukan tentang keselamatan selama perjalanan
|
7.
|
Transportasi
Publik dan Aksesibilitas Masyarakat Perkotaan
|
Fokus pada
keadaan pada perkotaan yang padat kendaraan dan kurangnya angkutan umum yang
bisa membantu pengurangan kendaraan pribadi
|
Pada paper ini
dijelaskan hal-hal yang harus diperbaiki namun belum diberikan solusi yang
pas untuk masalah tersebut dan solusi
tersebut fokus pada tergantung dari Pemkot.
|
8.
|
Evaluasi
Kinerja Angkutan Umum (Bis) Patas dan Ekonomi Jurusan Surabaya - Malang
|
Menjelaskan
tentang perbandingan kecepatan angkutan
umum bus patas dengan ekonomi, dan
membahas tentang 5 tahun kedepan akan seperti apa yang akan membantu
saya untuk mengukur kecepatan bus biasanya
|
Evaluasi
kinerja yang dibahas dalam paper ini hanya tentang kecepatan sopir dan
ketepatan waktu untuk sampai tujuan, tidak dijelaskan bagaimana kinerja sopir
dalam berkendara agar se cepat itu
|
9.
|
High-speed running maglev trains interacting with elastic transitional
viaducts
|
Menjelaskan
tentang kinerja kereta maglev yang berkecepatan tinggi yang akan membantu
saya dalam pengerjaan paper
|
Hanya berfokus
pada trek nya kereta maglev
|
10.
|
REVOLUSI
PERKEMBANGAN MAGNET PADA SARANA TRANSPORTASI KERETA API DENGAN MENGGUNAKAN
TEKNOLOGI MAGLEV (Magnetic Levitation)
|
Menjelaskan
sangat rinci mengenai apa itu magnet beserta jenis-jenisnya, dan juga dampak
apabila digunakan dalam transportasi umum kereta api
|
Tidak
dijelaskan secara rinci bagaimana cara sebuah magnet digunakan dalam
transportasi dan berdampak pada kecepatannya
|
Komentar
Posting Komentar