PAPER


PENERAPAN TEKNOLOGI MAGLEV (Magnetic Levitation)  PADA
TRANSPORTASI UMUM BUS

Ayu Ainun A’ziziyyah
Program Studi Teknologi Informasi
Fakultas Teknologi Informasi dan Industri Institut Teknologi Telkom Surabaya
Jl. Gayungan PTT 17-19 Surabaya Telp. 081139808009



ABSTRACT

             This paper was made against the background by the rampant traffic accidents caused by public transportation, both limited and economic. Bus public transportation is a transportation that is widely used by the community, but in terms of safety and comfort, passengers in this transportation do not guarantee. Lots of traffic accidents caused by buses, either because of a sleepy driver or a reckless driver. It is often found that bus drivers break through the road boundary between the left and right lanes simply because they are forced to break through the density of the road or break through traffic signs. This causes inconvenience to passengers and other road users. In the previous research, there was a new output from the world of railways, namely the Maglev train (magnetic levitation) and the results were very efficient for the world of railways because the speed was increasing faster.
              To reduce traffic accidents, especially those caused by public bus transportation, this paper takes the title "Implementation of Maglev Technology (Magnetic Levitation) in Bus Public Transportation". With the application of maglev technology on bus public transportation, the buses will be given special lanes such as the busway lane, but this lane is equipped with magnets that will be connected by the bus and more efficient because the lane cannot be penetrated by other road users such as the busway lane . The speed of the bus will also increase faster because of the reduction in friction between the wheel and the asphalt highway and requires a fairly short time to travel in each destination.

Keywords: traffic accidents, public bus transportation, magnetic levitation technology


ABSTRAK

            Paper ini dibuat dilatar belakangi oleh maraknya kecelakan lalu lintas yang disebabkan oleh transportasi umum bus baik yang patas maupun yang ekonomi. Transportasi umum bus menjadi transportasi yang ramai digunakan masyakarat, namun dalam segi keamanan dan kenyamanan penumpang dalam transportasi ini belum menjamin. Banyak sekali kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh bus, entah karena sopir mengantuk atau sopir yang ugal-ugalan. Sering didapati sopir bus menerobos batas jalan antara lajur kiri dan kanan hanya karena untuk memaksa menerobos kepadatan jalan atau menerobos rambu lalu lintas. Hal tersebut menyebabkan ketidaknyamanan penumpang dan pengguna jalan lainnya. Pada penelitian sebelumnya terdapat keluaran baru dari dunia perkeretaapian yaitu kereta api maglev (magnetic levitation) dan hasilnya sangat efisien untuk dunia perkeretaapian karena kecepatan nya pun bertambah semakin cepat.
            Untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas terutama yang disebabkan oleh transportasi umum bus, maka paper ini mengangkat judul “Penerapan Teknologi Maglev (Magnetic Levitation) Pada Transportasi Umum Bus”. Dengan penerapan teknologi maglev pada transportasi umum bus, maka bus akan diberikan jalur khusus seperti jalur busway, namun jalur ini dilengkapi dengan magnet yang akan terhubung oleh bus tersebut dan lebih efisien karena jalur tersebut tidak akan bisa diterobos oleh pengguna jalan lain seperti pada kasus jalur busway. Laju kecepatan bus juga akan semakin bertambah cepat karena pengurangan gaya gesek antara roda dengan aspal jalan raya dan membutuhkan waktu yang cukup singkat dalam menempuh perjalanan di setiap tujuan.

Kata kunci : kecelakaan lalu lintas, transportasi umum bus, teknologi magnetic levitation






TABEL KELEMAHAN DAN KELEBIHAN TIAP PAPER YANG DIJADIKAN REFERENSI

No
Judul Paper
Kelebihan
Kekurangan
1.
Superconducting YBCO Magnetic Levitation Train
Menjelaskan struktur dari superkonduktor yang digunakan dalam kereta maglev yang akan sangat membantu dalam pengerjaan paper saya nanti
Kurang menjelaskan bagaimana kelebihan dan kekurangan kereta tersebut ketika menggunakan magnetic levitation
2.
Bus and driver scheduling with mealtime windows for a single public bus route
Menjelaskan permasalahan untuk penjadwalan sopir bus dengan istirahat makan agar driver bisa fokus dalam berkendara
Dalam penjadwalan ini mengharuskan driver berganti-ganti atau shif, berarti harus mempunyai stok driver yang handal yang cukup banyak dan akan menambah biaya untuk gaji mereka
3.
CB-Planner : A bus line planning framework for customized bus systems
Menjelaskan tentang usulan penulis dalam rencana untuk pelaksanaan bus khusus yang lebih memudahkan penumpang yang bisa menjadi referensi paper saya nanti
Tidak dijelaskan secara rinci hasil survey tentang pendapat masyarakat mengenai keinginan penulis paper dalam pelaksaan bus khusus
4.
Bus drivers who leave; were they more crash-involved?
Menganalisis tentang maraknya kejadian kecelakaan dalam angkutan umum bus yang membantu saya untuk mencari solusi agar kejadian tersebut bisa di minimalisir
Kurang ada penjelasan pokok yang menjurus langsung tentang kecelakaan tersebut, hanya dianalisis lewat pergantian sopirnya bukan skill dari masing-masing sopir
5.
Bus Operation, Quality Service and TheRole of Bus Provider and Driver
Menguraikan peran penyedia bus dan sopir bus untuk memberikan kualitas layanan terbaik seperti yang diharapkan oleh penumpang guna memperbaiki kualitas layanan
Tujuan utama dalam paper ini untuk memperbaiki kualitas layanan namun dalam paper ini tidak dijelaskan secara rinci mengenai apa saja yang harus diperbaiki
6.
KAJIAN KINERJA PELAYANAN BUS AKDP PATAS DAN EKONOMI PADA TRAYEK SURABAYA - MALANG
Menjelaskan mengenai pelayanan bus AKDP  (Angkutan Kota Dalam Propinsi) pada trayek Surabaya – Malang yang akan bermanfaat untuk mengetahui kualitas pelayanan bus dan evaluasi kinerja
Pada paper ini merujuk pada apa yang perlu ditingkatkan guna menarik masyarakat untuk menggunakan bus, namun hal tersebut yang akan diperbaiki hanya fasilitas dan kecepatan bukan tentang keselamatan selama perjalanan
7.
Transportasi Publik dan Aksesibilitas Masyarakat Perkotaan
Fokus pada keadaan pada perkotaan yang padat kendaraan dan kurangnya angkutan umum yang bisa membantu pengurangan kendaraan pribadi
Pada paper ini dijelaskan hal-hal yang harus diperbaiki namun belum diberikan solusi yang pas untuk masalah tersebut dan  solusi tersebut fokus pada tergantung dari Pemkot.
8.
Evaluasi Kinerja Angkutan Umum (Bis) Patas dan Ekonomi Jurusan Surabaya - Malang
Menjelaskan tentang perbandingan kecepatan angkutan  umum bus patas dengan ekonomi, dan  membahas tentang 5 tahun kedepan akan seperti apa yang akan membantu saya untuk mengukur kecepatan bus biasanya
Evaluasi kinerja yang dibahas dalam paper ini hanya tentang kecepatan sopir dan ketepatan waktu untuk sampai tujuan, tidak dijelaskan bagaimana kinerja sopir dalam berkendara agar se cepat itu
9.
High-speed running maglev trains interacting with elastic transitional viaducts
Menjelaskan tentang kinerja kereta maglev yang berkecepatan tinggi yang akan membantu saya dalam pengerjaan paper
Hanya berfokus pada trek nya kereta maglev
10.
REVOLUSI PERKEMBANGAN MAGNET PADA SARANA TRANSPORTASI KERETA API DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI MAGLEV (Magnetic Levitation)
Menjelaskan sangat rinci mengenai apa itu magnet beserta jenis-jenisnya, dan juga dampak apabila digunakan dalam transportasi umum kereta api
Tidak dijelaskan secara rinci bagaimana cara sebuah magnet digunakan dalam transportasi dan berdampak pada kecepatannya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Besaran Vektor dan Skalar

Tugas Rumah